Dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, seddiam nonumy eirmod tempor. invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadip- scing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur.
 

14 Penemuan Muslim Terbesar Sepanjang Sejarah

sebelumnya banyak kita dengar bahwa penemuan-penemuan penting yang menjadi pondasi penemuan-penemuan hingga saat ini terlahir dari bangsa eropa,padahal keyataanya penemuan-penemuan penting tersebut berasal dari bangsa timur tengah yang notabene adalah penganut islam,seperti optik,papan catur atau bedah,nah pada postingan kali ini saya akan memaparkan penemuan-penemuan berharga yang asli dilahirkan dari bangsa timur tengah,mungkin hal ni sepele bagi anda,tapi jika kita pikir lebih dalam lagi tentunya ini bukanlah hal yang sepele lagi karna dengan adanya pengklaiman dari bangsa eropa akan membuat para pemuda-pemuda timur tengah khususnya indonesia akan patah semangat dan beranggapan bahwa bangsa timur tidak bisa melampaui kemampuan bangsa barat,jelas itu adalah pernyataan yang salah.Baiklah langsung saja kita lihat penemuan-penemuan berharga yang di ciptakan oleh bangsa timur.

1. Revolusi Pertanian



Revolusi pertaniaan yang terkenal berasal dari Irak dimana pada abad k-13, para petani di Irak memperkenalkan suatu sistem Ekstensifikasi, Intensifikasi, dan Divertifikasi untuk mengelola lahan pertanian yang mereka miliki agar hasil tanaman baik dan dapat dinikmati konsumen. Selain itu pada abad 14 mulai diperkenalkan sistem irigasi kuno yang terkenal berupa terowongan air atau qanat dari Iran adalah satu kesuksesan Irigasi mereka. Lalu pada abad k-14 juga dikenal juga sistem Mekanisasi untuk mengelola lahan yang diperlihatkan oleh negara Hama dan Syiria.

2. Cendekiawan Multidisiplin Ilmu

Dialah Yakub bin Ishak, beliau sesepuh dunia penerjemahan. Selain beliau adalah seorang pemimpin para penerjemah dimasanya, beliau juga sebagai peneliti bidang metalurgi dan pembuatan pedang. Beliau juga pengagas teori relativitas yang masih coba dipecahkan oleh para ahli fisika modern sekitar seribu tahun setelahnya. "Waktu hanya muncul ketika ada gerakan." ujar al-Kindi, "Benda dengan gerakan, gerakan dengan benda...... Jika ada gerakan maka pasti ada benda; jika ada benda maka pasti ada ada gerakan

3. Pelopor Penerbangan
Ibnu Firnas konon salah satu pelopor penerbangan. Beberapa sumber mengatakan dia terinspirasi saat melihat pemain akrobat yang bernama Armen Firman yang selamat setelah meloncat dari salah satu puncak menara dekat masjid Agung sembari mengnakan jubah sutra yang sangat longgar yang dikaitkan ke rangka kayu. Lainnya mengatakan bahwa pemain akrobat itu adalah Ibnu Firnas dan Armen Firman hanyalah bentuk latin dari namanya. Untuk usaha berikutnya beliau membuat sayap besar seperti gantole modern dari sutra dan bulu elang di atas kerangka kayu dan ringan. 
4. Sabun
Sejak abad ke-7 M, umat Muslim telah mengembangkan sebuah gaya hidup higienis yang mutakhir. Menurut Ahmad Y Al-Hassan dalam bukunya berjudul, Technology Transfer in the Chemical Industries, kota-kota Islam seperti Nablus (Palestina), Kufah (Irak), dan Basrah (Irak) telah menjadi sentra industri sabun.

"Sabun yang kita kenal hari ini adalah warisan dari peradaban Islam,"  papar Al-Hassan. Menurut Al-Hassan, sabun yang terbuat dari minyak sayuran, seperti minyak zaitun serta minyak aroma, pertama kali diproduksi para kimiawan Muslim di era kekhalifahan. Salah seorang sarjana Muslim yang telah mampu menciptakan formula sabun adalah Al-Razi--kimiawan legendaris dari Persia.

5. Bedah

Sekitar tahun 1000, dokter terkenal Az-Zahrawi mempublikasikan ensiklopedia 1.500 halaman bergambar tentang bedah yang digunakan Eropa sebagai referensi medis untuk 500 tahun setelahnya. Di antara sekian banyak temuannya, Zahrawi menemukan penggunaan usus kucing yang dihancurkan untuk menjahit luka—sebelumnya bedah kedua harus dilakukan untuk menghilangkan jahitan. Dia juga dikabarkan melakukan operasi caesar pertama dan menciptakan sepasang forceps [gunting kedokteran].

6. Kopi

Saat dunia barat meminum du jour, kopi pertama kali diseduh di Yaman sekitar abad kesembilan. Di masa awal, kopi membantu sufi tetap terjadi hingga larut malam untuk beribadah. Kemudian dibawa ke Kairo oleh sekelompok pelajar, kopi segera masuk wilayah kesultanan. Pada abad ke-13 mencapai Turki, tapi tidak sampai abad ke-16 biji kopi mulai dididihkan di Eropa, dibawa ke Italia oleh pedagang Venesia.

7. Mesin Terbang

“Abbas bin Firnas adalah orang pertama yang melakukan usaha nyata untuk membangun mesin terbang dan terbang,” kata Hassani. Pada abad kesembilan ia mendesain alat bersayap, dengan kasar meniru kostum burung. Dalam uji cobanya yang terkenal di Kordoba, Spanyol, Firnas terbang ke atas beberapa saat, sebelum kemudian jatuh dan mematahkan sebagian punggungnya. Desainnya menjadi inspirasi bagi artis dan penemu Italia terkenal, Leonardo da Vinci, ratusan tahun kemudian.

8. Universitas

Pada tahun 859 seorang putri bernama Fatimah Al-Firhi mendirikan gelar universitas pertama di Fez, Maroko. Saudarinya, Miriam, mendirikan sebuah masjid yang berdekatan dan bersama komplek itu menjadi Masjid dan Universitas Al-Qarawiyyin. Masih beroperasi hampir 1.200 tahun kemudian, Hassani berharap pusat ini akan mengingatkan orang-orang bahwa belajar adalah inti dari tradisi Islam dan kisah dari saudari Al-Firhi akan menginspirasi pemudi muslimah di seluruh dunia.

9. Aljabar

Kata aljabar berasal dari gelar seorang matematikawan Persia terkenal abad kesembilan dan risalahnya “Kitab Al-Jabr wal Mugabala” yang diterjemahkan kasar sebagai “The Book of Reasoning dan Balancing” [Buku Penalaran dan Keseimbangan]. Dibangun dalam akar sistem Yunani dan Hindu, perintah aljabar baru adalah sistem pemersatu bilangan rasional, bilang irasional dan magnitudo geometris. Matematikawan yang sama, Al-Khawarizmi, juga orang pertama yang mengenalkan konsep meningkatkan kekuatan angka [penemu angka nol].

10. Optik

“Banyak kemajuan paling penting dalam studi optik berasal dari dunia muslim,” sebut Hassani. Sekitar tahun 1000 Ibnul Haitsam membuktikan bahwa manusia melihat benda oleh pantulan cahaya mereka dan masuk ke mata, membantah teori Euclid dan Ptolemy bahwa cahaya dipancarkan oleh mata itu sendiri. Fisikawan besar muslim ini juga menemukan fenomena kamera obscura, yang menjelaskan bagaimana mata melihat gambar tegak lurus karena hubungan antara saraf optik dan otak.

11. Musik


Musisi muslim memiliki dampak mendalam di Eropa, kembali pada Charlemagne yang mencoba menyaingi musik Baghdad dan Kordoba. Di antara banyak instrumen yang tiba di Eropa melalui Timur Tengah adalah lute [semacam kecapi] dan rahab, “nenek moyang” biola. Skala musik modern dikatakan juga berasal dari huruf Arab.

12. Sikat Gigi

Menurut Hassani, Nabi Muhammad mempopulerkan penggunaan sikat gigi pertama sekitar tahun 600. Menggunakan ranting dari pohon meswak [siwak], beliau membersihkan giginya dan menyegarkan napasnya. Zat serupa dengan meswak digunakan dalam pasta gigi modern.

13. Engkol

Banyak dari dasar otomatis modern pertama digunakan dalam dunia muslim, termasuk sistem batang-terhubung engkol yang revolusioner. Dengan mengkonversi gerakan rotasi ke gerakan linear, engkol mampu mengangkat benda berat dengan relatif mudah. Teknologi ini, ditemukan oleh Al-Jazari di abad ke-12, meluas ke seluruh dunia, mulai dari sepeda hingga mesin pembakaran internal.

14. Rumah Sakit

“Rumah sakit sebagaimana yang kita tahu hari ini, dengan bangsal dan pusat pendidikan, berasal dari Mesir abad kesembilan,” jelas Hassani. Pusat medis pertama adalah Rumah Sakit Ahmad bin Tulun, didirikan pada tahun 872 di Kairo. Rumah sakit Tulun melayani perawatan gratis bagi siapa saja yang membutuhkan—sebuah kebijakan yang berasal dari tradisi muslim untuk merawat semua orang yang sakit. Dari Kairo, sebuah rumah sakit meluas ke seluruh dunia muslim.

   Nah penemuan-penemuan diatas merupakan sebagian kecil saja dari banyaknya penemuan-penemuan bangsa timur tengah,apabila anda ingin melihat yang lebih banyak lagi kunjungi aja situs ini http://www.1001inventions.com/,disana dipaparkan tentang 1001 penemuan islam.

0 komentar:

Poskan Komentar

Search

Arsip

dolor sit amet

GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda!